Wujudkan SRA, Disdikbud Gelar Bimtek P3K pada SP

Malang - Satuan Pendidikan (SP) disadari atau tidak merupakan rumah kedua bagi Kepala Sekolah, Guru, Staff dan utamanya bagi para peserta didik. Seluruh warga sekolah akan merasa aman dan nyaman manakala atmosfir pada sebuah Sekolah / SP sangat kondusif, penuh kebersamaan dan diikat dengan rasa kekeluargaan yang erat. Fenomena tersebut dapat terwujud manakala diantara anggota keluarga sebuah Satuan Pendidikan (SP) saling hormat menghormati, saling menyayangi satu dengan lainnya, bantu membantu dan yang tidak kalah pentingnya adalah tidak adanya kekerasan baik secara verbal atau non verbal yang saat ini lebih dikenal dengan istilah "Bulliying ".

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang yang sejak tahun 2021 silam dinahkodai oleh Suwarjana, SE., MM terus berupaya mewujudkan Sekolah Ramah Anak (SRA) sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari program yang dicanangkan Pemerintah Kota Malang yakni Kota Layak Anak (KLA),


" Bimbingan Tenis Penguatan Pencegahan dan Penanganan Kekerasan pada Satuan Pendidikan (Bimtek P3K SP) khususnya pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan sebuah upaya Disdikbud dalam rangka memberikan penguatan kepada Satuan Pendidikan untuk memahami pentingnya pencegahan dan penanganan kekerasan sejak di satuan PAUD antara lain dengan pemahaman tentang payung hukum yang dapat dijadikan acuan apabila terjadi suatu kondisi dan bagaimana cara menanamkan nilai - nilai wawasan kebangsaan sejak usia dini sebagai upaya preventif timbulnya masalah kekerasan yang melibatkan peserta didik " tutur Pudjianik, M.Pd Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Pembinaan PAUD Disdikbud Kota Malang dalam prakata pembukaan bimtek.

50 orang peserta yang terdiri dari unsur Ikatan Guru Taman Kanak - Kanak Indonesia (IGTKI) Kota Malang, unsur dari Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Kota Malang, unsur Pusat Kegiatan Guru (PKG PAUD) Kecamatan Klojen, Blimbing, Sukun, Lowokwaru dan Kedungkandang, kepala sekolah maupun tenaga pendidik dari POS PAUD, Kelompok Bermain serta Taman Kanak - Kanak mengikuti kegiatan ini dengan seksama.


Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis, 6 Juni 2024 inipun menghadirkan Eny Harjati, SH., M.Hum dari Badan Konsultasi dan Bantuan Hukum Universitas Brawijaya serta Lettu Arh. Felix Rizkha Firono, S.Tr(Han), M.Sos dari Batalyon Arhanud 2 / ABW / 2 KOSTRAD. Materi yang disampaikan dua narasumber dihadapan para peserta bintek yakni Payung Hukum untuk Pencegahan dan Penanganan Kekerasan pada jenjang satuan PAUD, serta Strategi Penanaman Nilai Nilai Wawasan Kebangsaan untuk Mencegah Kekerasan Sejak Usia Dini (Fandi Harianto)

Previous PostPPDB Tahun 2024
Next PostMas Kadin dan Sekdin Kunjungi SP Memantau 3K PTK