PPDB Japres HL Dimulai, Mas Kadin Turut Layani Masyarakat

Malang - Senin 3 Mei 2024 sesuai Petunjuk Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (Juklak PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 proses PPDB Jalur Prestasi Hasil Lomba (Japres HL) jenjang SMP Negeri di Kota Malang dimulai dengan ditandai penyerahan sertifikat hasil lomba yang diperoleh Calon Peserta Didik Baru SMP selama menempuh pendidikan di jenjang Sekolah Dasar (SD).


Sejak pagi hari, masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan buah hati mereka ke jenjang SMP Negeri melalui PPDB Japres HL mulaj berdatangan ke Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang di kawasan jalan Veteran No. 19 Malang. Agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Disdikbud dalam hal ini Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar sebagai leading sectornya telah mempersiapkan sebaik dan seoptimal mungkin.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kota Malang, Suwarjana, SE., MM melibatkan semua unsur yang ada di Disdikbud untuk bekerja bersama, bersama bekerja memberikan pelayanan sekaligus memberikan bantuan pada masyarakat bilamana ada yang kesulitan atau hanya sekedar ingin bertanya.


Orang nomor satu di lingkungan Disdikbud Kota Malang yang akrab disapa Mas Kadin itupun bahkan turun tangan secara langsung melayani masyarakat yang sedang mengikuti proses penyerahan sertifikat hasil lomba yang diperoleh buah hati mereka selama mengenyam pendidikan pada jenjang Sekolah Dasar (SD). Mas Kadin tanpa rikuh sedikitpun berkeliling dari satu titik ke titik lainnya sambil sesekali memberikan instruksi pada staffnya untuk mempersiapkan hal yang diperlukan masyarakat dan memberikan kenyamanan , kemudahan pelayanan.

" PPDB Japres HL ini merupakan salahsatu bentuk apresiasi pada peserta didik yang telah berupaya mengeksplorasi bakat, minat, kelebihan dan potensi mereka sehingga berbuah prestasi. Proses penyerahan sertifikat hasil lomba dilaksanakan selama tiga hari berturut - turut mulai hari Senin 3 Juni 2024 sampai dengan Rabu 5 Juni 2024. Japres HL ini dapat diikuti oleh siswa siswi berprestasi dibidang lomba akademik maupun non akademik. Misalnya olimpiade matematika, olimpiade IPA, atau lomba mata pelajaran lainnya untuk prestasi hasil lomba akademik. Sedangkan pada lomba non akademik misalnya Karate, renang, menyanyi, menari, bidang olahraga maupun bidang seni lainnya " jelas Mas Kadin.

Lebih lanjut pria kelahiran 57 tahun silam dan mendapatkan amanah memimpin Disdikbud Kota Malang sejak tahun 2021 itupun menambahkan, sertifikat hasil lomba yang saat ini diserahkan kemudian akan diverifikasi oleh tim verifikasi. Tim verifikasi terdiri dari perwakikan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S), Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), pengawas SD, Pengawas SMP, Dewan Pendidikan Kota Malang (DPKM) , Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Malang, Kantor Kementrian Agama Kota Malang, budayawan dan seniman untuk memverifikasi kevalidan sertifikat yang diserahkan kemudian melakukan skoring (pemberian skor/bobot nilai) pada setiap sertifikat hasil lomba. 


Usai tim verifikasi melakukan tugas yang diamanatkan, bagi calon peserta didik yang dinilai sesuai dengan kriteria maupun persyaratan yang ada akan mendapatkan surat keterangan dari Tim Verifikasi untuk diterima di SMP Negeri berdasarkan skoring sertifikat hasil lomba. Selanjutnya surat keterangan yang diterima dipergunakan CPDB untuk melakukan pendaftaran di aplikasi yang akan dibuka sesuai jadwal. (Fandi Harianto)

Previous PostPPDB Tahun 2024
Next PostDisdikbud Gelar Advokasi Kurikulum Mulok Bahasa Inggris Satpen SD