Disdikbud Gelar Advokasi Kurikulum Mulok Bahasa Inggris Satpen SD

Malang - Menindaklanjuti Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Permendikbud RI) Nomor 12 Tahun 2024 Tentang tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah yang salah satunya mengamanatkan bahwasannya Bahasa Inggris akan menjadi mata pelajaran wajib bagi siswa kelas III, IV, V dan VI di Sekolah Dasar (SD), dan dimungkinkan untuk masuk pada muatan lokal bagi siswa kelas I dan kelas IV, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang menggelar Advokasi Kurikulum Muatan Lokal (Mulok) Bahasa Inggris Kota Malang pada Kepala Sekolah dan Tenaga Pendidik di Satuan Pendidikan jenjang SD.

" Bahasa Inggris ditargetkan menjadi mata pelajaran wajib di SD mulai Tahun Ajaran 2027/2028 mendatang. Tentunya sebelum hal itu di implementasikan perlu adanya berbagai persiapan dan juga aksi nyata agar amanat Permendikbudristek No. 12 Tahun 2024 dapat diwujudkan, berjalan pancar, sukses sesuai harapan bersama.Muatan lokal Bahasa Inggris Kota Malang ini diharapkan mampu memberikan bekal bagi peserta didik sejak dini agar dapat beradaptasi dengan tuntutan perkembangan jaman dan perkembangan era global. " tutur Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Disdikbud Ifa Rosita, SE dalam prakata sambutannya.

Lebih lanjut wanita ramah berhijab yang lebih akrab disapa Bunda Ifa itupun menambahkan Materi Muatan Lokal (mulok) merupakan program pendidikan dalam bentuk mata pelajaran yang materi dan media penyampaiannya dikaitkan dengan lingkungan alam, lingkungan sosial, dan lingkungan budaya, adat serta kebutuhan daerah yang wajib dipelajari oleh peserta didik.


Kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu, 5 Juni 2024 di Aula Utama Ki Hajar Dewantara Disdikbud kawasan Jalan Veteran No. 19 inipun menghadirkan Dr. Susane Ikawati, M.Pd selaku narasumber yang juga merupakan Kepala SD Kristen Charis.

Narasumber yang biasa disapa Susan itupun menjabarkan materi Mulok Bahasa Inggris kepada para.peserta yang mencakup ruang lingkup atau luas bahan pelajaran, jenis dan bentuk pengalama-pengalaman belajar, pada berbagai tingkat perkembangan peserta didik guna mencapai tujuan-tujuan pendidikan(scope and sequence) Mulok Bahasa Inggris Kota Malang untuk kelas 1-6 yang diperkaya dengan materi kearifan lokal budaya Kota Malang. (Fandi Harianto)

Previous PostPPDB Tahun 2024
Next PostWujudkan SRA, Disdikbud Gelar Bimtek P3K pada SP