Tumbuhkan Kecintaan pada Museum, Disdikbud Gelar Seminar

Malang - Rabu, 29 Mei 2024 Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kota Malang Suwarjana, SE., MM didampingi Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Tujuwarno, S.Pt., M.Pd membuka sekaligus memberikan sambutan pada kegiatan " Seminar Mengenalkan Koleksi Museum Mpu Purwa Tahun 2024" yang diselenggarakan oleh Bidang Kebudayaan Disdikbud Kota Malang.


Dalam laporannya, Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kota Malang Juli Handayani, SE., MM sebagai leading sector seminar ini mengambil tema Seminar Koleksi Museum Mpu Purwa Tahun 2024 (Makara dan Dinoyo II) yang bertujuan untuk mengenalkan dan mensosialisasikan koleksi museum Mpu Purwa khususnya Prasasti Makara dan Prasasti Dinoyo II. Peserta seminar sebanyak 350 orang yang terbagi dalam 2 hari dengan rincian 175 orang per hari. Peserta berasal dari Guru SD, SMP di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Kota Malang serta guru SMA, SMK di Kota Malang.

" Kegiatan ini merupakan salah satu jalan untuk mengenalkan museum kepada tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan pada jenjang SD, SMP, SMA, SMK sederajat di Kota Malang yang nantinya akan ditularkan kepada peserta didiknya di masing masing satuan pendidikan tempat mereka mengabdi." tutur Kadisdikbud Kota Malang Suwarjana, SE , MM

Lebih lanjut, orang nomor satu dijajaran Disdikbud Kota Malang yang akrab disapa Mas Kadin itupun menambahkan , Diakui atau tidak, antusiasme pelajar untuk berkunjung ke museum utamanya museum Mpu Purwa maupun Museum Pendidikan yang berangkat dari keinginan diri mereka sendiri masih kurang. Melalui seminar mengenal koleksi museum Mpu Purwa yakni Makara dan Prasasti Dinoyo II yang merupakan koleksi masterpiece museum dibawah pengelolaan Disdikbud, dapat menumbuhkembangkan kecintaan serta kepedulian pada museum beserta koleksi yang ada didalamnya.

Kegiatan Seminar Koleksi Museum Mpu Purwa tahun 2024 yang dilangsungkan selama dua hari berturut turut mulai Rabu, 29 Mei 2024 sampai dengan Kamis 30 Mei 2024 diikuti oleh 350 orang tenaga pendidik jenjang SD, SMP, SMA dan SMK sederajat se Kota Malang serta menghadirkan sejarawan sebagai narasumber yang juga merupakan ketua Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kota Malang Hino Galeswangi, M.Pd . (Fandi Harianto)

Previous PostPPDB Tahun 2024
Next PostSDN Sawojajar 6 Malang Apresiasi Potensi Siswa Gelar Gebyar HBS