Narsum Workshop di SMPN 20 Malang, Mas Kadin Tekankan untuk Perkuat Karakter PD

Malang - Rabu, 19 Juni 2024 Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kota Malang Suwarjana, SE., MM yang akrab disapa Mas Kadin menjadi Narasumber pada kegiatan Workshop (Narsum WS) yang diselenggarakan sekaligus diikuti pula oleh jajaran SMP Negeri 20 Malang kawasan Jalan Raden Tumenggung Suryo No. 38 Malang.

Workshop dengan tajuk " Implementasi Dimensi Karakter pada Modul Ajar dan Modul P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) inipun diikuti oleh 60 orang tenaga pendidik dan tenaga kependidikan SMP Negeri 20 Malang yang kini dikepalai oleh Drs. Sukarji, M.Pd.


" Terima kasih atas daya upaya bapak dan ibu jajaran SMP Negeri 20 Malang yang terus menerus meningkatkan potensi , kompetensi serta inovasi baik bagi diri sendiri maupun bagi lembaga salahsatunya melalui workshop pada hari ini. Namun, sesuai dengan tema yang diangkat pada kegiatan kali ini , saya secara pribadi maupun sebagai kepala dinas berharap tidak sekedar hanya sebuah moment ceremonial semata tetapi benar benar direncanakan dengan baik, disusun secara matang, dilaksanakan dengan baik dan benar, dilaporkan sesuai dengam peraturan yang berlaku " tutur Mas Kadin dihadapan para peserta workshop.

Lebih lanjut ptia penghobby olahraga Bulutangkis kelahiran Bantul 57 tahun silam itupun memberikan garis besar agar dijalankan sesuai dengan kapasitas, potensi dan juga sumber daya yang ada di SMP Negeri 20 Malang untuk mengutamakan penguatan pendidikan karakter pada Peserta Didik (PD). Apa gunanya nilai akademik tinggi, prestasi berderet deret namun karakternya tidak kuat. 


" Pendidikan Karakter itu Utama, nilai akademis dan prestasi itu bonus. Jika rajin belajar, tekun berusaha, giat dalam beribadah, maka karakter mendasar itupun akan membentuk kepribadian yang kuat. Dan akan diikuti pula dengan prestasi akademik maupun prestasi non akademik " tutur Kadisdikbud Kota Malang Suwarjana , SE., MM.

Dalam prakata penutupnya, Mas Kadin berharap dan selalu mengajak seluruh insan pendidikan di Kota Malang beserta unsur terkait lainnya, untuk senantiasa Bekerja Bersama, Bersama Bekerja meningkatkan kualitas pendidikan beserta peningkatan kesejahteraan pendidik maupun tenaga kependidikan yang ada di Kota Malang. Agar karakter anak terbentuk dengan baik, maka sebagai pendidik maupun tenaga kependidikan seyogyanya terlebih dahulu mengimplementasikan filosofi Ki Hajar Dewantara " Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani ".(fandi harianto)

Previous PostPPDB Tahun 2024
Next PostKomitmen Bersama Bunda PAUD Kota Malang Mendukung Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan