Mas Kadin : Lulusan SKB itu Mbois, Jangan Minder. Kalian Setara dengan Lulusan Formal

Malang - Didampingi Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan sekaligus Plh. Kepala Bidang Pembinaan PAUD PNF Tujuwarno, S.Pt., M.Pd., serta Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dodik Teguh Pribadi, M.Pd., Kamis 20 Juni 2024 Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang Suwarjana, SE. MM yang akrab disapa Mas Kadin menyerahkan ijasah secara simbolis kepada lulusan Pendidikan Kesetaraan Paket A, Paket B dan Paket C Tahun Pelajaran 2023/2024 SPNF SKB Disdikbud Kota Malang.


Dalam laporannya, Kepala Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB) Imam Khambali, M.Pd mengatakan bahwasannnya SPNF SKB yang merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Disdikbud pada tahun ini meluluskan 37 orang warga belajar pada jenjang Paket A dari total 40 warga belajar Paket A, 60 orang warga belajar pada jenjang Paket B dan 83 orang warga belajar pada jenjang Paket C dari total 90 orang warga belajar Paket C. Selain memperoleh ilmu pengetahuan dalam berbagai mata pelajaran layaknya peserta didik pada satuan pendidikan formal jenjang SD, SMP , SMA/SMK sederajat, warga belajar paket A, Paket B dan Paket C juga dibekali dengan penguasaan keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian profesional sebagai bekal hidup seperti keterampilan menjahit, montir mobil atau motor, tata rias dan tata boga.

" Secara pribadi maupun atas nama kelembagaan, saya sangat mengapresiasi upaya warga belajar SPNF SKB Kota Malang sekalian untuk tiada lelah menuntut ilmu agar tergapai apa yang dicita - citakan hingga pada hari ini panjenengan semua memetik buah manis hasil daripada apa yang telah diperjuangkan . Banyak faktor yang menyebabkan panjenengan tidak dapat menempuh pendidikan secara formal di SD, SMP , maupun SMA atau SMK sederajat. Namun percayalah apa yang panjenengan peroleh, apa yang panjenengan usahakan selama menjadi warga belajar SPNF SKB tidak jauh berbeda dengan apa yang diberikan di pendidikan formal. " tutur Kepala Disdikbud Kota Malang Suwarjana, SE., MM dalam prakata sambutannya. 

Lebih lanjut orang nomor satu di jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang yang akrab disapa Mas Kadin itupun menambahkan bahwasannya Lulusan SKB itu Mbois, Jangan Minder. Kalian Setara dengan Lulusan Formal. Hal itu terbukti beberapa diantara panjenengan dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya pada satuan pendidikan formal. Ada yang diterima di Universitas Negeri Malang, ada yang diterima di Universitas Bina Nusantara (Binus), dan satuan pendidikan formal lainnya.

Usai memberikan prakata sambutannya sekaligus memotivasi lulusan SPNF SKB Kota Malang, Mas Kadin secara simbolis menyerahkan ijasah Paket A, Paket B dan Paket C. Kegiatan penyerahan ijasah lulusan SPNF SKB Kota Malang Tahun Pelajaran 2023/2024 inipun diwarnai pula dengan aksi unjuk kreasi berupa hasil kerajinan warga belajar selama menempuh pendidikan di SPNF SKB Kota Malang serta tampilan seni tari gandrung yang dibawakan secara langsung oleh warga belajar asal Banyuwangi. (Fandi Harianto)


Previous PostPPDB Tahun 2024
Next PostJadi Narsum Worhshop, Mas Kadin Ucapkan Terima Kasih pada PTK SMPN 12 Malang