Buka Puasa di Masjid Tarbiatul Hidayah

Malang, 25 Maret 2024

Pada bulan Ramadhan, Masjid Tarbiatul Hidayah selalu mengadakan kegiatan berbagi takjil dan buka bersama, biasanya yang mengikuti kegiatan tersebut telah dijadwalkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dari berbagai sekolah tiap harinya, khalayak umum jugas banyak yang datang untuk berbuka bersama di Masjid Tarbiatul Hidayah.

Sebelum memulai kegiatan buka bersama, Staff Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang sedang menjalankan piket , mulai menata takjil yang telah disediakan untuk disajikan kepada jamaah masjid yang telah datang .

Setelah itu , kegiatan di Masjid Tarbiatu Hidayah  sebelum  memulai sholat maghrib dan buka bersama yaitu ada kegiatan Kulma (Kuliah Lima Menit) , Pada hari Senin yang menjadi pembicara pada kegiatan tersebut adalah Bapak Syamsul dari Bidang Perencanaan.

Ta,lim yang telah disampaikan oleh bapak syamsul yakni mengenai keutamaan berpuasa. Dengan meneldani sifat Rosulullah SAW yaitu manusia yang paling dermawan. Bukti bahwa al qur’an diturunkan pada bulan Ramadhan karena malaikat jibril mendatangi Rosulullah SAW setiap malam  mendatangi Rosulullah SAW. Dengan cerita sejarah tentang Rosulullah SAW harapan mengamalkan secara berangsur-angsur untuk membaca Al Qur’an. Setelah itu memahami sekuatnya tentang isi kandungan ayat-ayat Al Qur’an. Dan mengamalkan sebisanya isi dari kandungan Al-Qur’an.

Setelah mengikuti kegiatan Kulma, dan Adzan pun sudah berkumandang, semua staff yang sedang piket mulai mebagikan es dawet yang sudah tersedia dan air mineral. Setelah itu langsung dilanjut sholat Maghrib berjamaah. Setelah mengikuti sholat maghrib langsung dilanjut, pembagian takjil yaitu nasi kotak , seluruh jamaah langsung dibagi dan untuk segera memakan, sambil menunggu sholat isya’ dan  tarawih. 

Previous PostPPDB
Next PostRapat Afirmasi Pendidikan PAUD