Wujudkan Kantin Sehat Sekolah dengan NGTS SEAMEO RECFON

Malang - Selama empat hari mulai Selasa 28 Mei 2024 sampai dengan Jum'at 31 Mei 2024 di ruang aula Dr. Sutomo Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang, puluhan guru dari beberapa satuan pendidikan mengikuti program Nutrition Goes To School (NGTS) yang diselenggarakan oleh SEAMEO RECFON (South East Asian Ministers of Education Organization Regional Centre for Food and Nutrition).

Kegiatan ini dilaksanakan berkat kerjasama antara Disdikbud, Dinas Kesehatan, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Brawijaya dan SEAMEO RECFON tentang penguatan program UKS melalui program Nutrition Goes To School (NGTS). NGTS merupakan sebuah kegiatan yang diisi dengan pelatihan gizi dan kesehatan remaja untuk implementasi program gizi untuk prestasi / Nutrition Goes To School sebagai upaya penguatan program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

 " Terima kasih kepada pihak - pihak yang berperan aktif turut andil dalam meningkatkan kualitas pendidikan , salahsatunya pada segi kesehatan warga sekolah maupun sarana prasarananya yang menunjang mewujudkan hal tersebut. Jika kita sehat, maka kita akan bahagia, gembira, ceria sehingga apapun yang kita kerjakan hasilnya akan maksimal." tutur Sekretaris Disdikbud Tri Oky Rudianto Pratijo, SE., M.Si., dalam prakatanya saat menutup NTGS SEAMEO RECFON pada Jum'at 31 Mei 2024.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Oky itupun berharap agar kegiatan ini berkesinambungan, tidak hanya berhenti pada pelatihan ini semata, namun materi yang didapat, ilmu yang diperoleh serta pengalaman yang dirasakan di imbaskan pada sekolah lainnya yang belum mendapat kesempatan untuk mengikuti pelatihan ini. Sehingga pada akhirnya tujuan serta harapan dari digelarnya pelatihan ini yaitu untuk mewujudkan Kanti n Sehat Sekolah dapat terealisasi secara nyata.


Materi yang diberikan kepada para peserta NGTS SEAMEO RECFON yakni Gizi dan Kesehatan Remaja, Gizi dan Kesehatan untuk Kepala Sekolah, Guru, Staff sebagai Role Model untuk Siswa, Pedoman Gizi Seimbang, Latihan menyusun menu gizi seimbang, praktik pengukuran dan penilaian status gizi remaja, Perilaku hidup bersih dan sehat, Kantin sehat sekolah, Self Assessment : kondisi kantin sekolah saat ini, gizi dan kewirausahaan, kebun sekolah untuk literasi Gizi, edukasi gizi , rencana ajar dan microteaching. (Fandi Harianto)

Previous PostPPDB Tahun 2024
Next Post1 Juni 2024 - Hari Lahir Pancasila