Studi Tiru SDIT Aliya Bogor ke SD Plus Al-Kautsar Kota Malang

MALANG-(Jum'at, 3/5/2024), Dirjen PAUD Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbudristek dan Teknologi merekom SDIT Aliya Bogor untuk mengunjungi SD Plus Al-Kautsar Kota Malang pada dalam rangka studi tiru untuk meningkatkan kualitas layanan dan manajemen sekolah. Rombongan yang terdiri dari Direktur, pengurus yayasan, kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan staf sejumlah 7 orang itu disambut hangat oleh Ibu Lidia Wulandari, S. Pd, S.S Kepala SD Plus Al-Kautsar, Dr. Dhiah Saptorini, S.E., M.Pd. Kepala Badan Standarisasi Pengelolaan Pendidikan (BSPP) dan segenap jajaran Dewan Guru di Balai Adiwiyata Maulida.

Dalam sambutannya, Dr. Dhiah Saptorini, S.E., M.Pd mengisahkan perjalanan berdirinya SD Plus Al-Kautsar, bahwa sejak awal berdiri di tahun 2004, sudah menerapkan pembelajaran tematik yang sekarang berkembang menjadi pembelajaran berdifernsiasi sesuai amanat Kurikulum Merdeka.

Sementara itu dari pihak SDIT Aliya yang diwakili oleh Dr. Dian Wulandari selaku direktur menyampaikan tujuan kunjungan dalam rangka meningkatkan kualitas layanan dan manajemen sekolah. Ketika kami berkonsultasi ke Dirjen Pendidikan Dasar sekolah mana saja yang layak untuk kami kunjungi sebagai rujukan peningkatan mutu sekolah, kami mendapatkan arahan salah satunya SD Plus Al-Kautsar, Kota Malang urainya. Dan ketika kami menginjakkan kaki di sini, aura kualitas pendidikan SD Plus A-Kautsar sudah tercium dari awal masuk, kelakarnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan observasi lingkungan dan wawancara dengan pihak terkait. Beberapa hal yang menjadi sasaran observasi adalah tentang pengembangan dan pengelolaan ekstrakurikuler, pengoptimalan relationship sekolah, literasi digital, Riset Kecerdasan Majemuk (MIR), dan kemampuan berbahasa Inggris aktif yang terstandar internasional (Cambridge Assessment English).

Kegiatan diakhiri dengan agenda tanya jawab. Pihak SDIT Aliya menyampaikan bahwa banyak sekali dampak positif yang didapatkan dari kunjungan kali ini. SD Plus Al-Kautsar merupakah salah satu sekolah yang memiliki banyak program inovatif dan telah terbukti meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu program yang tidak mereka miliki dan bisa diadaptasi adalah program (Fullday School).

 Memang konsep fullday yang dimiliki oleh SD Plus Al-Kautsar berbeda dari lembaga-lembaga yang lain. Kegiatan fullday yang dilaksanakan pada sore hari hanya diisi dengan substansi penguatan karakter. Dilaksanakan dengan suasana (hommy) yang hangat dan menyenangkan dengan pemberian muatan yang mengalir dan tidak kaku. Berisi kegiatan-kegiatan yang memberikan pengayaan pengalaman melalui pembiasaan-pembiasaan hidup (life skill) yang baik, untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan tentunya diperlukan kolaborasi dan berbagi praktik baik antar sekolah. Semoga kegiatan ini bisa membawa dampak positif bagi kedua belah pihak. (Why/Jpr)

Repost

Previous PostPPDB Tahun 2024
Next PostKadisdikbud Monitoring US SMP TA 2023/2024