Sekretaris Disdikbud Berangkatkan Kontingen FLS2N SD dan SMP Kota Malang ke Tk. Jatim

MALANG - Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang Bpk Tri Oky Rudianto Prastijo, SE, M.Si didampingi Kabag Dikdasmen dan Kabag Kebudayaan resmi melepas kontingen Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) hari ini, Selasa (16/7/2024) usai apel pagi di halaman kantor Disdikbud. Sebanyak 8 peserta didik didampingi masing-masing pembina dari jenjang SD bersiap akan berangkat untuk berlaga di tingkat Provinsi Jawa Timur. Sementara itu 15 peserta dan pembina dari SMP sudah diberangkatkan lebih awal.

Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tahun 2024 yang dipusatkan di Surabaya bertujuan menjaring talenta-talenta berbakat di bidang seni untuk mengasah potensi siswa sejak dini dan menjaring peserta terbaik perwakilan Jawa Timur dari 38 Kabupaten/ Kota berlaga di tingkat nasional yang rencananya dilaksanakan pada Agustus mendatang.

Dalam kesempatan tersebut Sekretaris Disdikbud Kota Malang yang lebih akrab dipanggil Pak Oky memberikan motivasi, “Dengan seni hidup menjadi indah, dengan ilmu hidup menjadi mudah dan dengan agama hidup menjadi terarah. Teruslah bersemangat dan tunjukkan sportivitas yang baik selama mengikuti lomba. Kembangkan bakat dan kemampuan kalian dengan melakukan inovasi-inovasi. Semoga kalian bisa menghasilkan yang terbaik.”

Sebelum berangkat Pak Oky juga berpesan agar seluruh peserta selama mengikuti lomba turut menjaga nama baik Kota Malang, sportif, jujur dan adil. Beiau sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepda para pembina dan berbagai pihak yang terlibat dalam kegiatan mempersiapkan menuju lomba ini. “Semoga kalian pulang dengan membawa medali dan penghargaan sebagai wujud dari kejujuran dan belajar keras kalian,” tutupnya.


Sementara itu, ditanya mengenai kesiapan, Sovi Anastasya, Aeleyah Syaquila dan Marisasa peserta Cabang Seni Tari, menyampaikan bahwa sudah sangat siap, “Kami berlatih setiap hari, tarian bertema kupu-kupu,” ujar salah satu siswi SDN Tunjungsekar 1 ini. Hal senada disampaikan Bapak Budi Hartono, M.Pd., Kepala Sekolah bahwa untuk mengasah keterampilan seni tari sekolahnya menjalin kemitraan dengan SMPN 4 Kota Malang mendatangkan pelatih guru tari dari UGM.

Sedangkan Gendhis Fannyna peserta Cabang Seni Gambar Bercerita menyampaikan hal senada. Ia rajin berlatih dengan volume lebih diperbanyak menjelang lomba. Ia mengambil tema gambar Pembelajaran Merdeka, dengan menggunakan alat dan bahan gambar campuran, “Ada carandas, pentel, dan sebagainya,” jelas siswi SDN Lowokwaru 2 ini. Lain halnya Fadila Ardiyanti peserta Cabang Lomba Menyanyi Solo dari MIN 1 Kota Malang, ia memperdalam olah vokal mengikuti latihan di sekolah musik Purwatjaraka, selain bimbingan guru ekskul kesenian di sekolahnya.


Pada tahun ini lokasi Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Provinsi Jawa Timur difokuskan di dua tempat. Tingkat SD dipusatkan di Kantor Dinas Pendidikan, Jl. Jagir Sidoresmo V Surabaya, dan tingkat SMP dipusatkan di Kantor Dinas Pendidikan, Jl. Genteng Kali No.33, Surabaya. Kegiatan rencana dilaksanakan selama dua hari, Selasa - Rabu, 16-17 Juli 2024. (Jupri)


Previous PostPPDB Tahun 2024
Next PostPj. Wali Kota Malang Optimis SIMBA ASIA Masuk 5 Besar PKRI