Pentingnya Platform Merdeka Mengajar Guna Optimalisasi Kinerja Guru Dalam Mengajar

MALANG (13/05/2024) - Platform merdeka mengajar (PMM) adalah aplikasi untuk memudahkan guru mengajar, menilai siswa dan memberikan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi, serta bekerja untuk menginspirasi rekan kerja (Ramdani dkk, 2022). Berdasarkan uraian di atas, platform merdeka mengajar (PMM) hadir sebagai sebuah aplikasi untuk mempermudah guru mengajar, menilai peserta didik dan menyediakan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi, serta berkarya untuk menginspirasi rekan sejawat. Dengan adanya platform ini, guru dapat meningkatkan kinerjanya melalui kreativitas yang dikembangkan oleh dirinya sendiri.

Kinerja dapat disebut juga dengan performance, yang berarti prestasi, pertunjukan dan pelaksanaan tugas. Kinerja adalah suatu tindakan atau kegiatan yang ditampilkan oleh seseorang dalam melaksanakan aktivitas tertentu. Kinerja adalah akumulasi dari tiga elemen yang saling berkaitan yaitu keterampilan, upaya dan sifat-sifat keadaan eksternal. Kinerja guru merupakan suatu aktivitas guru yang dilakukan dalam rangka membimbing, mendidik dan melakukan transfer pengetahuan kepada peserta didik sesuai dengan kemampuan keprofesionalan yang dimilikinya serta dapat berinovasi, berkreasi dalam pekerjaannya sebagai seorang guru, seperti melengkapi administrasi mengajar, menyiapkan bahan dan media, serta berbagi pengalaman kepada rekan sejawat (Lisnawati, 2018).

Bapak Willy sebagai Kepala Sekolah SDN Arjosari 3 juga sependapat dengan uraian diatas “Kita tahu sendiri sasaran PMM adalah kinerja guru, maka dari itu PMM ini alat bantu untuk memudahkan guru dan kepala sekolah ketika menentukan penilaian suatu kinerja yang lebih kontekstual sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan.” ucapnya, Rabu (24/04/2024). Kepala Sekolah disini harus berkolaborasi dengan guru guna mempermudah dalam akses penguploadan di situs PMM itu sendiri. Tentunya juga guru yang berstatus “ASN” wajib memakai atau menggunakan fitur Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Pemahaman guru mengenai IT atau Teknologi juga harus bagus, minimal guru harus bisa mengopersikan platform – platform yang ada atau yang telah difasilitasi oleh pemerintah. Karena dari pemerintah sendiri telah menyiapkan dan menyediakan akun PMM untuk para guru ASN yang telah terdaftar di DAPODIK. PMM juga sudah memiliki alur atau lini masanya sendiri sebelum melaksanakan observasi kelas, misalnya pada perencanaan dilaksanakan pada bulan Januari dan Februari sampai bulan Maret itu persiapan dan yang terakhir bulan Maret dan April merupakan pelaksanaan observasi.

Kesimpulannya adalah menguraikan betapa pentingnya peran Platform Merdeka Mengajar (PMM) dalam mendukung kinerja guru dalam proses pengajaran. PMM tidak hanya sekadar menjadi alat bantu untuk mengajar, tetapi juga untuk menilai siswa, memberikan pelatihan, dan menginspirasi rekan sejawat. Melalui PMM, guru dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam mengajar, serta memperkuat kolaborasi antara guru dan kepala sekolah. Penggunaan PMM menjadi kewajiban bagi guru ASN, yang menunjukkan bahwa pemahaman terhadap teknologi sangat penting dalam konteks pendidikan saat ini. Dengan adanya PMM, diharapkan kinerja guru dapat dioptimalkan, membawa dampak positif bagi proses pembelajaran di sekolah.

 

DAFTAR RUJUKAN

Lisnawati, R. (2018). Fungsi Manajemen Kepala Sekolah, Motivasi, dan Kinerja Guru. Jurnal

Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(2), 143. https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p143-149

Ramdani, M., Yuliyanti, S. Y., Rahmatulloh, I. T., & Suratman, S. (2022). Penggunaan

Platform merdeka mengajar (PMM) pada guru sekolah dasar. Journal of Instructional

and Development Researches, 2(6), 248-254.


Previous PostPPDB Tahun 2024
Next PostSekretaris Disdikbud Membuka Finalisasi Penyusunan Buku Pendamping Mbois Ilakes