Masjid Tarbiyatul Hidayah Gelar Jumpa Ramadhan 2024

MALANG- Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan Masjid Tarbiyatul Hidayah Disdikbud Kota Malang menyelenggarakan pengajian bertajuk Jumpa Ramadhan pada Jum’at (15/3/2024). Acara yang dimulai pkl. 07.30 WIB tersebut dihadiri oleh Bp. Suwarjana, SE, MM, Kepala Disdikbud beserta jajarannya, Pengawas TK, SD, SMP dan Kepala Sekolah se-Kota Malang.

Pengajian Jumpa Ramadhan  diisi oleh Ustadz Achmad Shampton, S.HI, M.Ag atau lebih dikenal dengan Gus Shampton,  Kepala Kemenag Kota Malang dengan mengusung tema "Mengajar dengan Ikhlas”.

Dalam tausiahnya, Gus Shampton  menyampaikan, bagaimana pentingnya menjaga hubungan yang baik antara guru dan murid dalam proses pendidikan. Guru diharapkan mendidik dengan penuh ketulusan dan keikhlasan. Dalam mendidik, pada prinsipnya guru itu membangun ruh, bukan membangun jasadnya. Tujuan akhirnya diharapkan murid memiliki karakter yang baik. Oleh karena itu, guru dalam istilah agamanya itu, “Murobbi ruhina” memberkahi jiwa, memperbaiki moral dan akhlak sehingga menghasilkan generasi-generasi yang baik. 

Disadari atau tidak, guru memiliki peranan sentral dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Manakala setelah dewasa anak didik melakukan kesalahan misalnya korupsi, bisa jadi akibat dari ketidakikhlasan guru dalam mendidik.

Nilai-nilai keikhlasan telah berubah berbasis materi semata. Oleh karena itu dibutuhan keteladanan Rasulullah SAW memberikan keteladanan, ketika terjadi kesalahan dalam proses pendidikan, beliau tidak langsung menyalahkan, tetapi meminta mengulang sampai tiga kali sehingga disadari kelemahannya untuk kemudian diperbaiki. Hal ini menimbulkan ketertarikan bagi para sahabat. Maka dari itu pembelajaran sebaiknya berfokus pada proses, hasil itu mengikuti.  

Proses yang baik akan menghasilkan hasil yang baik. Proses yang baik akan terwujud manakala dilandasi keikhlasan dan ketulusan dalam mendidik.

Ketua takmir Masjid Tarbiyatul Hidayah, Bpk Syamsul Arifin S.Pd, M.Pd,I menyampaikan bahwa kegiatan Jumpa Ramadhan digelar rutin setiap Jum’at pagi sepanjang Ramadhan dengan menghadirkan penceramah berbeda. Jadwal selengkapnya sebagai berikut:

Previous PostPPDB Tahun 2024
Next PostTAKJIL BUKA BERSAMA DAN SHOLAT TARAWIH